HIDENATION

WELLCOME

Jumat, 11 Juni 2010

PRAMUKA PASAL-PASAL SKU BANTARA

NAMA : TYO PRASETYO
KELAS : TKJ A
NOMOR : 5745
SCHOOL : X-BKZI
@-MAIL : Tyo_peter_3882@yahoo.co.id

MATERI PEMBELAJARAN PRAMUKA
MENGACU PADA SKU (SYARAT-SYARAT KECAKAPAN UMUM)
2009/2010
MATERI INI TIDAK MENGIKAT HANYA SEBAGAI BAHAN PERTIMBANGAN...!!!!

PASAL 1 : sudah jelas

PASAL 2 : sudah jelas

PASAL 3 : di buku saku ada

PASAL 4 : Salam Pramuka

Salam Pramuka adalah perwujudan dari penghargaan seseorang Pramuka kepada Pramuka lainnya. Biasanya salam pramuka diberikan dengan memberikan hormat sambil meneriakkan “Salam pramuka!” yang diberi salam akan menjawab dengan meneriakkan “Salam!” sambil menghormat juga.
Fungsi salam pramuka
Salam untuk melahirkan disiplin, tata tertib yang mewujudkan suatu ikatan jiwa yang kuat ke dalam maupun ke luar, yang hanya dapat dicapai dengan adanya saling menyampaikan penghormatan yang dilakukan secara tertib, sempurna dan penuh keikhlasan.
Macam salam pramuka
Salam pramuka digolongkan menjadi 3 macam
Salam biasa
Yaitu salam yang diberikan kepada sesama anggota Pramuka. Siapa yang melihat dulu dialah yang harus memberi salam terlebih dahulu tanpa aba-aba, tidak pandang pangkat, tua maupun muda. Salam tersebut dapat diberikan sambil berjalan, sedang duduk, naik sepeda ataupun kendaraan. Jadi tidak harus berdiri.
Salam hormat
Yaitu salam yang diberikan kepada seseorang atau sesuatu yang kedudukannya lebih tinggi.
Untuk salam hormat diberikan kepada :
 Bendera kebangsaan ketika dikibarkan atau diturunkan dalam suatu upacara.
 Jenazah yang sedang lewat atau akan dimakamkan.
 Kepala Negara atau wakilnya, Panglima tinggi, para duta besar, para menteri dan pejabat lainnya.
 Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.
Salam janji
Yaitu salam yang dilakukan ketika ada anggota Pramuka yang sedang dilantik. Pemberian salam pramuka dilakukan ketika dilakukan pengucapan janji yaitu Tri Satya atau Dwi Satya. Salam janji juga diberikan pada saat pengucapan janji Trisatya dalam acara Ulang Janji.

Cara memberi salam pramuka:
A. Tanpa tongkat : didahulukan dg cepat tangan kanan diangkat ke pelipis kanan membentuk sudut 450 pandangan lurus kedepan
B. Menggunakan tongkat : tongkat tetap ditangan kanan serta tongkat diangkat keatas siku membentuk sudut 900 dan tangan kiri diangkat sejajar dg dada telapak lurus dg ibu jari menempel pd dada
C. Cara lain tanpa tongkat : sikap sempurna tangan kanan disamping , badan agak kedepan g siku dan membentuk sudut 900 posisi tangan mengepal dan lurus


Pasal 5 : di buku sku ada

PASAL 6 : Tanda pengenal pramuka

A. Tanda umum
Dipakai secara umum oleh semua anggota gerakan pramuka yang sudah dilantik, baik putra maupun putri.
Macamnya : tanda tutup kepala, setangan / pita leher, tanda pelantikan, tanda harian, tanda wosm

B. Tanda satuan
Menunjukkan satuan / kwartir tertentu, tempat seorang anggota Gerakan pramuka bergabung.
Macamnya : tanda barung / regu / sangga, gugusdepan, kwartir, mabi, krida,saka, lencana daerah, satuan dan lain-lain.

C. Tanda jabatan
Menunjukkan jabatan dan tanggungjawab seorang anggota gerakan Pramuka dalam lingkungan organisasi gerakan pramuka.
Macamnya : tanda pemimpin / wakil pemimpin barung / regu / sangga, sulung, pratama, pradana, pemimpin / wakil krida / saka, dewan kerja, pembina, pembantu pembina, pelatih, andalan, pembimbing, pamong saka, dewan saka dan lain-lain.

D. Tanda kecakapan
Menunjukkan kecakapan, ketrampilan, ketangkasan, kemampuan, Sikap, tingkat usaha seorang pramuka dalam bidang tertentu, sesuai Golongan usianya.
Macamnya : tanda kecakapan umum / khusus, pramuka garuda dan tanda Keahlian lain bagi orang dewasa.

E. Tanda kehormatan
Menunjukkan jasa atau penghargaan yang diberikan kepada Seseorang atas jasa, darma baktinya dan lain-lain yang cukup Bermutu dan bermanfaat bagi gerakan pramuka, kepramukaan, Masyarakat, bangsa, negara dan umat manusia.
Macamnya :
Peserta didik : tiska, tigor, bintang tahunan, bintang wiratama, bintang Teladan.
Orang dewasa : pancawarsa, darma bakti, wiratama, melati, tunas kencana.

PASAL 7 : LAMBANG GP

 Boyolali : KWARCAB (kwartir cabang/kabupaten)
 Jawa tengah : KWARDA (kwartir daerah/propinsi)
 Tunas kelapa : Pramuka
 Coklat : Kesuburan tanah
 Merah : Semangat yang berkobar
 Hitam : Kekekalan
 Putih : Kesucian
 Padi & kapas : Kemakmuran
 3 lekuk keris : Tri Satya
 Keris : Senjata khas Jawa
 Candi : Bangunan peninggalan nenek moyang
 10 lidah api : Dasadarma
 Tameng : Pertahanan nasional
 Garis kuning horizontal : Garis katulistiwa
 Garis kuning melengkung : Cita2 yang luhur
 Bintang : Ketuhanan / 5 agama di Indonesia


PASAL 8 : Pancasila

Kata Pancasila terdiri dari dua kata dari bahasa Sansekerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia berisi :

 Ketuhanan Yang Maha Esa
 Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab
 Persatuan Indonesia
 Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan
 Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Sejarah Perumusan
Dalam upaya merumuskan Pancasila sebagai dasar negara yang resmi, terdapat usulan-usulan pribadi yang dikemukakan dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK, tanpa kata Indonesia karena dibentuk Tentara Jepang ke-XVI, bukan Gabungan Tentara Jepang ke-7 yang menguasai Nanpo Gun) yaitu :
* Lima Dasar oleh Muhammad Yamin, diragukan kesahihannya, (29 Mei 1945)
* Panca Sila oleh Soekarno (1 Juni 1945)

Setelah Rumusan Pancasila diterima sebagai dasar negara secara resmi beberapa dokumen penetapannya ialah :

* Rumusan Pertama : Piagam Jakarta – tanggal 22 Juni 1945
* Rumusan Kedua : Pembukaan Undang-undang Dasar – tanggal 18 Agustus 1945
* Rumusan Ketiga : Mukaddimah Konstitusi Republik Indonesia Serikat – tanggal 27 Desember 1949
* Rumusan Keempat : Mukaddimah Undang-undang Dasar Sementara – tanggal 15 Agustus 1950
* Rumusan Kelima : Rumusan Kedua yang dijiwai oleh Rumusan Pertama (merujuk Dekrit Presiden 5 Juli 1959)


Hari Kesaktian Pancasila
Pada tanggal 30 September 1965, adalah awal dari Gerakan 30 September (G30SPKI). Pemberontakan ini merupakan wujud usaha mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis. Hari itu, enam Jendral dan berberapa orang lainnya dibunuh sebagai upaya kudeta. Namun berkat kesadaran untuk mempertahankan Pancasila maka upaya tersebut mengalami kegagalan. Maka 30 September diperingati sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila, memperingati bahwa dasar Indonesia, Pancasila, adalah sakti, tak tergantikan. siapakah yang mengusut tuntas permasalahan ini?

PASAL 9 : sejarah bendera merah putih

Bendera nasional Indonesia adalah sebuah bendera berdesain sederhana dengan dua warna yang dibagi menjadi dua bagian secara mendatar (horizontal). Warnanya diambil dari warna Kerajaan Majapahit. Sebenarnya tidak hanya kerajaan Majapahit saja yang memakai bendera merah putih sebagai lambang kebesaran. Sebelum Majapahit, kerajaan Kediri telah memakai panji-panji merah putih.
Selain itu, bendera perang Sisingamangaraja IX dari tanah Batak pun memakai warna merah putih sebagai warna benderanya , bergambar pedang kembar warna putih dengan dasar merah menyala dan putih. Warna merah dan putih ini adalah bendera perang Sisingamangaraja XII. Dua pedang kembar melambangkan piso gaja dompak, pusaka raja-raja Sisingamangaraja I-XII.[1]
Ketika terjadi perang di Aceh, pejuang – pejuang Aceh telah menggunakan bendera perang berupa umbul-umbul dengan warna merah dan putih, di bagian belakang diaplikasikan gambar pedang, bulan sabit, matahari, dan bintang serta beberapa ayat suci Al Quran.[2]
Di jaman kerajaan Bugis Bone,Sulawesi Selatan sebelum Arung Palakka, bendera Merah Putih, adalah simbol kekuasaan dan kebesaran kerajaan Bone.Bendera Bone itu dikenal dengan nama Woromporang.[3]
Pada waktu perang Jawa (1825-1830 M) Pangeran Diponegoro memakai panji-panji berwarna merah putih dalam perjuangannya melawan Belanda.
Bendera yang dinamakan Sang Merah Putih ini pertama kali digunakan oleh para pelajar dan kaum nasionalis pada awal abad ke-20 di bawah kekuasaan Belanda. Setelah Perang Dunia II berakhir, Indonesia merdeka dan mulai menggunakan bendera ini sebagai bendera nasional.
Sang Saka Merah Putih merupakan julukan kehormatan terhadap bendera Merah Putih negara Indonesia. Pada mulanya sebutan ini ditujukan untuk bendera Merah Putih yang dikibarkan pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta, saat Proklamasi dilaksanakan. Tetapi selanjutnya dalam penggunaan umum, Sang Saka Merah Putih ditujukan kepada setiap bendera Merah Putih yang dikibarkan dalam setiap upacara bendera.
Bendera pusaka dibuat oleh Ibu Fatmawati, istri Presiden Soekarno, pada tahun 1944. Bendera berbahan katun Jepang (ada juga yang menyebutkan bahan bendera tersebut adalah kain wool dari London yang diperoleh dari seorang Jepang. Bahan ini memang pada saat itu digunakan khusus untuk membuat bendera-bendera negara di dunia karena terkenal dengan keawetannya) berukuran 276 x 200 cm. Sejak tahun 1946 sampai dengan 1968, bendera tersebut hanya dikibarkan pada setiap hari ulang tahun kemerdekaan RI. Sejak tahun 1969, bendera itu tidak pernah dikibarkan lagi dan sampai saat ini disimpan di Istana Merdeka. Bendera itu sempat sobek di dua ujungnya, ujung berwarna putih sobek sebesar 12 X 42 cm. Ujung berwarna merah sobek sebesar 15x 47 cm. Lalu ada bolong-bolong kecil karena jamur dan gigitan serangga, noda berwarna kecoklatan, hitam, dan putih. Karena terlalu lama dilipat, lipatan-lipatan itu pun sobek dan warna di sekitar lipatannya memudar.
Setelah tahun 1969, yang dikerek dan dikibarkan pada hari ulang tahun kemerdekaan RI adalah bendera duplikatnya yang terbuat dari sutra. Bendera pusaka turut pula dihadirkan namun ia hanya ‘menyaksikan’ dari dalam kotak penyimpanannya.
Untuk keterangan teknis tentang bendera Merah Putih, silakan lihat Bendera Indonesia.

Arti Warna
Bendera Indonesia memiliki makna filosofis. Merah berarti berani, putih berarti suci. Merah melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia. Keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan untuk Indonesia.
Ditinjau dari segi sejarah, sejak dahulu kala kedua warna merah dan putih mengandung makna yang suci. Warna merah mirip dengan warna gula jawa/gula aren dan warna putih mirip dengan warna nasi. Kedua bahan ini adalah bahan utama dalam masakan Indonesia, terutama di pulau Jawa. Ketika Kerajaan Majapahit berjaya di Nusantara, warna panji-panji yang digunakan adalah merah dan putih (umbul-umbul abang putih). Sejak dulu warna merah dan putih ini oleh orang Jawa digunakan untuk upacara selamatan kandungan bayi sesudah berusia empat bulan di dalam rahim berupa bubur yang diberi pewarna merah sebagian. Orang Jawa percaya bahwa kehamilan dimulai sejak bersatunya unsur merah sebagai lambang ibu, yaitu darah yang tumpah ketika sang jabang bayi lahir, dan unsur putih sebagai lambang ayah, yang ditanam di gua garba.
Versi 2
Merah putih mulai berkibar di kepulauan nusantara pada tahun 1292 oleh tentara jayakatwang waktu menyarang kertanegara di kediri (1222-1292)
Tahun 1350 dikibarkan di majapahit waktu raja hayam wuruk
Tahun 1840 di kibarkan di minangkabau ditambah warna hitam, tang artinya :
 Merah : hulu balanr (yang menghimpun, menjalankan pemerintahan)
 Putih : ulama (pemimpin agama)
 Hitam : adapt istiadat minangkabau
Dikeraton Surakarta Hadiningrat ada pula pusaka bendara merah putih peninggalan Kyai Agung TARUBAN ( putra Raden Wijaya)
Tahun 1922 perhimpunan Indonesia mengibarkan bendera merah putih yang bergambar kepala banteng (sama dg PNI 1927)
Pada kongres pemuda ke-ii tanggal 28 oktober 1928, merah putih di kibarkan sebagai benbera kebangsaan
Tanggal 17 agustus 1945 di pegangsaan timur nomor 56 jakarta, merah putih dikibarkan sebagai bendera kebangsaan ( dijahit ibu fatmawati)
Tanggal 18 agustus lahirlah UUD ysng terdapat dalam bab xv pasal 35 berbunyii “ bendera Negara adalah bendera merah putih”
Tanggal 17 agustus 1969 bendera pusaka sudah tidak lagi dipasang karena sudah tua, sebagai gantinya dikibarkan duplikatnya yang dibuat dari sutra alam Indonesia

PASAL 10 : anak sd juga bias masak kalah……

PASAL 11 : LAMBANG NKRI

Garuda Pancasila merupakan lambang negara Indonesia. Lambang ini dirancang oleh Sultan Hamid II dari Pontianak, yang kemudian disempurnakan oleh Presiden Soekarno. Garuda merupakan burung dalam mitologi Hindu, sedangkan Pancasila merupakan dasar filosofi negara Indonesia.

Lambang negara Garuda diatur penggunaannya dalam Peraturan Pemerintah No. 43/1958

Makna Lambang Garuda Pancasila

(1) Burung Garuda melambangkan kekuatan
(2) Warna emas pada burung Garuda melambangkan kejayaan
(3) Perisai di tengah melambangkan pertahanan bangsa Indonesia
(4) Simbol-simbol di dalam perisai masing-masing melambangkan sila-sila dalam Pancasila, yaitu:
(5) Bintang melambangkan sila Ketuhanan Yang Maha Esa [sila ke-1]
(6) Rantai melambangkan sila Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab [sila ke-2]
(7) Pohon Beringin melambangkan sila Persatuan Indonesia [sila ke-3]
(8) Kepala banteng melambangkan sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan [sila ke-4]
(9) Padi dan Kapas melambangkan sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia [sila ke-5]
(10) Warna merah-putih melambangkan warna bendera nasional Indonesia. Merah berarti berani dan putih berarti suci
(11) Garis hitam tebal yang melintang di dalam perisai melambangkan wilayah Indonesia yang dilintasi Garis Khatulistiwa
(12) Jumlah bulu melambangkan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia (17 Agustus 1945), antara lain:
(13) Jumlah bulu pada masing-masing sayap berjumlah 17
(14) Jumlah bulu pada ekor berjumlah 8
(15) Jumlah bulu di bawah perisai/pangkal ekor berjumlah 19
(16) Jumlah bulu di leher berjumlah 45
(17) Pita yg dicengkeram oleh burung garuda bertuliskan semboyan negara Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda beda, tetapi tetap satu jua“

Burung garuda : sbg tenaga pembangunan nasional
Lambang negara : lambang kehormatan dan kedaulatan negara
Bhinneka tunggal ika : berbeda-beda tetapi tetap satu
Kepala garuda menoleh kekanan : kebenaran
 Bulu sayap 17 (tanggal)
 Bulu ekor 8 (bulan)
 Bulu dibawah perisai 19 (tahun)
 Bulu leher 45 (tahun)
Kedudukan bahasa indonesia sbg bhs.komunikasi
 Sbg bahasa resmi indonesia
 Sbg bahasa pengantar di lembaga pendidikan
 Sbg alat penghubung/pempersatu bangsa
 Sbg alatpengembang kebudayaan dan pemanfaatan iptek
Kedudukan bahasa indonesia sbg bhs.nasional
 Lambang kebanggan nasional
 Lambang identitas nasional
 Penghubung antar daerah dan kebudayaan
 Alat pemersatu suku bangsa

PASAL 12 : anak sd pun pintar masak dikalahkan lagi……

PASAL 13 : sumpah pemuda

Kongres pemuda ke-I (1926) : hanya merupakan persiapan kongres pemuda ke-ii dan dalam kongres pemuda tersebut belum dapat mewujudkan persatuan.
Kongres pemuda ke-ii 1928 di gedung Indonesia di jalan kramat raya nomor 106
Sidang2 yangdiselenggarakan selama kongres pemuda ke-ii
1. siding pertama : 27 0okober 1928, di bumi pemuda khatolik, jalan lapangan bantang Jakarta.
2. siding kedua : 28 oktober 1928 di gedung bioskop oost java, jalan merdeka utara 14 jakarta
3. sedan ketiga : 28 oktober 1928 di gedung indonesisce clup jalan kramat raya 106 jakarta
keputusan kongres pemuda ke-II
1. mengucap ikrar sumpah pemuda
2. lagu Indonesia raya di tetapkan menjadi lagu kebangsaan Indonesia
3. sang meran putih menjadi bendera Negara Indonesia
4. semua organisasi pemuda di lebur menjadi satu, yaitu dengan nama indonesia muda

Arti penting sumpah pemuda :
1. gerakan pemuda pada khususnya dan gerakan nasional pada umumnya mendapat semangat juang dan semangat persatuan
2. pemuda ikut memperkuat gerakan nasional dengan semangat persatuan
3. semangat juang persatuan merupakan senjata ampuh untuk mengusir penjajah

Sumpah Pemuda

Peserta Kongres Pemuda II

Sumpah Pemuda merupakan sumpah setia hasil rumusan Kerapatan Pemoeda-Pemoedi Indonesia atau dikenal dengan Kongres Pemuda II, dibacakan pada 28 Oktober 1928. Tanggal ini kemudian diperingati sebagai “Hari Sumpah Pemuda”.

Rumusan Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada sebuah kertas ketika Mr Sunario, sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin. Isi


* PERTAMA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia.

* KEDOEA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia.

* KETIGA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia.


Kongres Pemuda II
Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh Indonesia. Atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat.
Rapat pertama, Sabtu, 27 Oktober 1928, di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Waterlooplein (sekarang Lapangan Banteng). Dalam sambutannya, ketua PPI Sugondo Djojopuspito berharap kongres ini dapat memperkuat semangat persatuan dalam sanubari para pemuda. Acara dilanjutkan dengan uraian Moehammad Yamin tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda. Menurutnya, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan
Rapat kedua, Minggu, 28 Oktober 1928, di Gedung Oost-Java Bioscoop, membahas masalah pendidikan. Kedua pembicara, Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro, berpendapat bahwa anak harus mendapat pendidikan kebangsaan, harus pula ada keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah. Anak juga harus dididik secara demokratis.
Pada rapat penutup, di gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106, Sunario menjelaskan pentingnya nasionalisme dan demokrasi selain gerakan kepanduan. Sedangkan Ramelan mengemukakan, gerakan kepanduan tidak bisa dipisahkan dari pergerakan nasional. Gerakan kepanduan sejak dini mendidik anak-anak disiplin dan mandiri, hal-hal yang dibutuhkan dalam perjuangan.
Sebelum kongres ditutup diperdengarkan lagu “Indonesia Raya” karya Wage Rudolf Supratman yang dimainkan dengan biola saja tanpa syair, atas saran Sugondo kepada Supratman. Lagu tersebut disambut dengan sangat meriah oleh peserta kongres. Kongres ditutup dengan mengumumkan rumusan hasil kongres. Oleh para pemuda yang hadir, rumusan itu diucapkan sebagai Sumpah Setia.

Peserta
Para peserta Kongres Pemuda II ini berasal dari berbagai wakil organisasi pemuda yang ada pada waktu itu, seperti Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, PPPI, Pemuda Kaum Betawi, dll. Di antara mereka hadir pula beberapa orang pemuda Tionghoa sebagai pengamat, yaitu Oey Kay Siang, John Lauw Tjoan Hok dan Tjio Djien Kwie serta Kwee Thiam Hong sebagai seorang wakil dari Jong Sumatranen Bond. Diprakarsai oleh AR Baswedan pemuda keturunan arab di Indonesia mengadakan kongres di Semarang dan mengumandangkan Sumpah pemuda keturunan arab.

Gedung
Bangunan di Jalan Kramat Raya 106, tempat dibacakannya Sumpah Pemuda, adalah sebuah rumah pondokan untuk pelajar dan mahasiswa milik Sie Kok Liong [2].
Gedung Kramat 106 sempat dipugar Pemda DKI Jakarta 3 April-20 Mei 1973 dan diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin, pada 20 Mei 1973 sebagai Gedung Sumpah Pemuda. Gedung ini kembali diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 20 Mei 1974. Dalam perjalanan sejarah, Gedung Sumpah Pemuda pernah dikelola Pemda DKI Jakarta, dan saat ini dikelola Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata.

PASAL 14 : sorri… lg di cari sabar dulu za…..

PASAL 15 :

Susunan pemerintahan
 Pusat/Negara : Presiden
 Propinsi : Gudernur
 Kota/kabupaten : walikota / Bupati
 Kecamatan : Camat
 Kelurahan : Lurah
 Desa : RT

PASAL 16 : PBB

Tujuan :
1. Kedisiplinan
2. Rasa persatuan
3. Rasa tanggung jawab
4. Kepatuhan, ketepatan, dan kecepatan dalam melaksanakan perintah
Aba-aba :
 Petunjuk, peringatan, pelaksanaan
Macam2 gerakan PBB :
1) Sikap sempurna
2) Istirahat
3) Perubahan arah
4) Maju jalan
5) Bubar jalan
6) Lencang kanan/kiri/depan
7) ½ kencang kanan/kiri
8) Berhitumg
9) Jalan di tempat
10) Buka/tutup barisan

PASAL 17 : krapian pangkal keindahan

PASAL 18 : Bahan Makanan Yang Bergizi

Sumber zat makanan
1. Karbohidrat/zat arang : sbg alat pembakaran yang menghasilkan energi
Sumbe r: beras, gandum, kentang, gula, jagung, dll
2. Zat lemak : memberi panas & melindunguni bagian tubuh yg halus
Sumber : lemak sapi, mentega, minyak kelapa dll
3. Zat protein :
Akibat (-) : kurang semangat, pertumbuhan kurang sempurna
Sumber : daging, ikan, telur, susu, tahu, tempe dll
Sumber mineral
1) Garam besi ( fe)
Sumber : hati, kacang, wortel, tomat, sayur2, dll
Akibat (-) : anemia
2) Garam dapur (ca)
Sumber : susu, kol, kacang, buah2, dll
Akibat (-) : geraham
3) Garam pospor
Sumber : keju
Kegunaan : manegakkan badan

PASAL 19 :

Penyakit masarakat (5m)
A. Mengkonsumsi obat2n
B. Main (judi)
C. Mendem
D. Maling
E. Madon (zina)
PASAL 20 : olah raga

PASAL 21 : klo g bias jangan sebut dirimu manusai………

PASAL 22 : hemat pangkal kaya…

PASAL 23 : 1 untuk bersama……. Bersama untuk 1

PASAL 24 : padi adalah lumbung indonesia………

PASAL 25 :

KOMPAS : alat untuk penunjuk arah
Kompas alam : matahari, arah angina, lumut di bebatuan, bulan
Kompas buatan : kuburan, masjid
16 arah penting
nama derajat nama derajat
Utara
Timur
Selatan
Barat




Utara 0/3600 timur laut 450
Timur 900 tenggara 1350
Selatan 1800 barat daya 2250
Barat 2700 barat laut 3150
Bagian2 kompas bidik :
A. Deal : permukaan yang ada angka dan hurufnya
B. Fise : pembidik sasaran berupa kawat tipis
C. Kaca pembesar/ luv
D. Jarum penunjuk yg selalu mengarahn ke utara magnetic
E. Kutub dial dg 2 garis bersudut 450
F. Tali penggantung sebagai pengangkat ibu jari
Cara menggunakan kompas :
A. Letakkan kompas di tempat yang datar sampai jarum kompas tidak bergerak
B. Jarum selalu menunjukkan arah utara magnetic
C. Bidik sasaran melalui visir
D. Tetapkan sasaran bidik, semisal 300
E. Tetapkan sasaran (check point)
F. Bila visir kurang jelas bias melalui luv
G. Sebelum bergerak tetapkan sasaran bidik terlebih dahulu / back reading supaya bila diperlukan dapat kembali sepaerti semula


Kompas
Kompas adalah alat navigasi untuk mencari arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. Arah mata angin yang ditunjuknya adalah utara, selatan, timur, dan barat. Apabila digunakan bersama-sama dengan jam dan sekstan, maka kompas akan lebih akurat dalam menunjukkan arah. Alat ini membantu perkembangan perdagangan maritim dengan membuat perjalanan jauh lebih aman dan efisien dibandingkan saat manusia masih berpedoman pada kedudukan bintang untuk menentukan arah.
Alat apa pun yang memiliki batang atau jarum magnetis yang bebas bergerak menunjuk arah utara magnetis dari magnetosfer sebuah planet sudah bisa dianggap sebagai kompas. Kompas jam adalah kompas yang dilengkapi dengan jam matahari. Kompas variasi adalah alat khusus berstruktur rapuh yang digunakan dengan cara mengamati variasi pergerakan jarum. Girokompas digunakan untuk menentukan utara sejati.
Lokasi magnet di Kutub Utara selalu bergeser dari masa ke masa. Penelitian terakhir yang dilakukan oleh The Geological Survey of Canada melaporkan bahwa posisi magnet ini bergerak kira-kira 40 km per tahun ke arah barat laut.


PASAL 28 :

Nabi Muhammad SAW lahir hari senin rabiul awal tahun gajah (20-04-57)
 Ayah : abdullah bin abu muntholib
 Ibu : siti aminah bin waham
 Ibu yg menyusui : halimah sadiyah
 Usia 6th ziarah bersama ibunya ke makam ayahnya di madinah
 Usia 7th ibunya wafat di desa abwa, kemudia muhammad di asuh pamannya…………..
 Usia 8th ikut berdagang ke syam bersama pamannya
 Usia 35th memperbaharui bentuk ka’bah
 Usia 40th menyepi di gua hiro, pada malam 17 ramadhan mendapat wahyu yg ke-1 surat al-alaq ayat 1-5 dan wahyu yg terakhir al-maidah ayat 3, isro mi’roj pada tanggal 7 rajab tahun ke -3 dari kenabiannya.
 Usia 60th beliau wafat.


LAIN-LAIN :
 P3k ( pertolongan pertama pada kecelakaan) pemberian pertolongan , peralatan, pangorbanan untuk waktu yang singkat.
Tujuan p3k :
A. Mencegah bahaya maut
B. Mencegah bahaya infeksi
C. Mencegah bahaya cacat
D. Meringankan rasa sakit
E. Menunjang kesembuhan
3 situasi darurat berresiko tinggi:
A. Nafas berhenti
B. Pendarahan besar
C. Ketidak sadaran
Ciri2 mau pingsan :
A. Kepala pusing
B. Keluar keringat dingin
C. Denyut nadi tidak teratur
D. Muka pucat
E. Pandangan berkunang2
F. Kondisi badan tidak stabil
Tindakan yang dilakukan:
A. Dibawa ketempat yang teduh
B. Longgarkan pakaian
C. Beri wangi2an yang mnyerat
D. Longgarkan saluran pernafasan

 KEPRAMUKAAN
Pramuka : kegiatan yang dilakukan diluar ruangan/ keiatan yang dilakukan di luar ruangan oleh anak2 dibawah naungan orang dewasa.
Praja : rakyat
Muda : para pemuda
Karana : karya
Bapak pandu dunia “LORD ROBERTH BODEN POWEL OF GRIWEL” nama aslinya adalah ”ROBERT STEPHENSON SMYTH” lahir 22 februari 1957 di London
Pramuka lahir : 14 agustus 1961 (hari pramuka)
Sifat2 pramuka : universal, nasional, internasional

Sejarah pramuka indonesia

A. Pendahuluan
pendidikan kepramukaan di indonesia merupakan salah satu segi pendidikan nasional yang penting, yang merupakan bagian dari sejarah perjuangan bangsa indonesia. Untuk itu perlu diketahui sejarah perkembangan kepramukaan di indonesia.

B. Sejarah singkat gerakan pramuka
gagasan boden powell yang cemerlang dan menarik itu akhirnya menyebar ke berbagai negara termasuk netherland atau belanda dengan nama padvinder. Oleh orang belanda gagasan itu dibawa ke indonesia dan didirikan organisasi oleh orang belanda di indonesia dengan nama nipv (nederland indische padvinders vereeniging = persatuan pandu-pandu hindia belanda).
oleh pemimpin-pemimpin gerakan nasional dibentuk organisasi kepanduan yang bertujuan membentuk manusia indonesia yang baik dan menjadi kader pergerakan nasional. Sehingga muncul bermacam-macam organisasi kepanduan antara lain jpo (javaanse padvinders organizatie) jjp (jong java padvindery), natipij (nationale islamitsche padvindery), siap (sarekat islam afdeling padvindery), hw (hisbul wathon).
dengan adanya larangan pemerintah hindia belanda menggunakan istilah padvindery maka k.h. Agus salim menggunakan nama pandu atau kepanduan.
dengan meningkatnya kesadaran nasional setelah sumpah pemuda, maka pada tahun 1930 organisasi kepanduan seperti ipo, pk (pandu kesultanan), pps (pandu pemuda sumatra) bergabung menjadi kbi (kepanduan bangsa indonesia). Kemudian tahun 1931 terbentuklah papi (persatuan antar pandu indonesia) yang berubah menjadi bppki (badan pusat persaudaraan kepanduan indonesia) pada tahun 1938.
pada waktu pendudukan jepang kepanduan di indonesia dilarang sehingga tokoh pandu banyak yang masuk keibondan, seinendan dan peta.
setelah tokoh proklamasi kemerdekaan dibentuklah pandu rakyat indonesia pada tanggal 28 desember 1945 di sala sebagai satu-satunya organisasi kepanduan.
sekitar tahun 1961 kepanduan indonesia terpecah menjadi 100 organisasi kepanduan yang terhimpun dalam 3 federasi organisasi yaitu ipindo (ikatan pandu indonesia) berdiri 13 september 1951, poppindo (persatuan pandu puteri indonesia) tahun 1954 dan pkpi (persatuan kepanduan puteri indonesia)
Menyadari kelemahan yang ada maka ketiga federasi melebur menjadi satu dengan nama perkindo (persatuan kepanduan indonesia).
karena masih adanya rasa golongan yang tinggi membuat perkindo masih lemah. Kelemahan gerakan kepanduan indonesia akan dipergunakan oleh pihak komunis agar menjadi gerakan pioner muda seperti yang terdapat di negara komunis. Akan tetapi kekuatan pancasila dalam perkindo menentangnya dan dengan bantuan perdana menteri ir. Juanda maka perjuangan menghasilkan keppres no. 238 tahun 1961 tentang gerakan pramuka yang pada tanggal 20 mei 1961 ditandatangani oleh pjs presiden ri ir juanda karena presiden soekarno sedang berkunjung ke jepang.
di dalam keppres ini gerakan pramuka oleh pemerintah ditetapkan sebagai satu-satunya badan di wilayah indonesia yang diperkenankan menyelenggarakan pendidikan kepramukaan, sehingga organisasi lain yang menyerupai dan sama sifatnya dengan gerakan pramuka dilarang keberadaannya.

C. Perkembangan gerakan pramuka
ketentuan dalam anggaran dasar gerakan pramuka tentang prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan yang pelaksanaannya seperti tersebut di atas ternyata banyak membawa perubahan sehingga pramuka mampu mengembangkan kegiatannya. Gerakan pramuka ternyata lebih kuat organisasinya dan cepat berkembang dari kota ke desa.
kemajuan gerakan pramuka akibat dari sistem majelis pembimbing yang dijalankan di tiap tingkat, dari tingkat nasional sampai tingkat gugus depan. Mengingat kira-kira 80 % penduduk indonesia tinggal di pedesaan dan 75 % adalah petani maka tahun 1961 kwarnas gerakan pramuka menganjurkan supaya para pramuka mengadakan kegiatan di bidang pembangunan desa. Pelaksanaan anjuran ini terutama di jawa tengah, yogyakarta, jawa timur dan jawa barat menarik perhatian pimpinan masyarakat. Maka tahun 1966 menteri pertanian dan ketua kwartir nasional mengeluarkan instruksi bersama pembentukan satuan karya taruna bumi. Kemudian diikuti munculnya saka bhayangkara, dirgantara dan bahari. Untuk menghadapi problema sosial yang muncul maka pada tahun 1970 menteri transmigrasi dan koperasi bersama dengan ka kwarnas mengeluarkan instruksi bersama tentang partisipasi gerakan pramuka di dalam penyelenggaraan transmigrasi dan koperasi. Kemudian perkembangan gerakan pramuka dilanjutkan dengan berbagai kerjasama untuk peningkatan kegiatan dan pembangunan bangsa dengan berbagai instansi terkait.

Ditulis oleh : drs. Ringsung suratno, m.pd
Lambang gerakan pramuka

Lambang gerakan pramuka adalah tanda pengenal tetap yang mengkiaskan cita-cita setiap anggota gerakan pramuka.
lambang tersebut diciptakan oleh bapak soehardjo admodipura, seorang pembina pramuka yang aktif bekerja di lingkungan departemen pertanian dan kemudian digunakan sejak 16 agustus 1961. Lambang ini ditetapkan dengan surat keputusan kwartir nasional gerakan pramuka no. 06/kn/72 tahun 1972.

Bentuk dan arti kiasan
bentuk lambang gerakan pramuka itu adalah silhouette tunas kelapa. Arti kiasan lambang gerakan pramuka :

1.buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal, dan istilah cikal bakal di indonesia berarti penduduk asli yang pertama, yang menurunkan generasi baru. Jadi lambang buah nyiur yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa indonesia.

2.buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniah sehat, kuat, dan ulet serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi pada tanah air dan bangsa indonesia.

3.nyiur dapat tumbuh dimana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan diri dalam mesy dimana dia berada dan dalam keadaan bagaimanapun juga.

4.nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon yang tertinggi di indonesia. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, yakni yang mulia dan jujur, dan dia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.

5.akar nyiur tumbuh kuat dan erat di dalam tanah. Jadi lambang itu mengkiaskan tekad dan keyakinan tiap pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat dan nyata ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.

6.nyiur adalah pohon yang serba guna dari ujung atas hingga akarnya. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka adalah manusia yang berguna, dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada kepentingan tanah air, bangsa dan negara republik indonesia serta kepada umat manusia.
Kode kehormatan

kode kehormatan pramuka yang terdiri atas janji yang disebut satya dan ketentuan moral yang disebut darma merupakan satu unsur dari metode kepramukaan dan alat pelaksanaan prinsip dasar kepramukaan.

kode kehormatan pramuka dalam bentuk janji yang disebut satya adalah:
A. Janji yang diucapkan secara sukarela oleh seorang calon anggota gerakan pramuka setelah memenuhi persyaratan keanggotaan;
B. Tindakan pribadi untuk mengikat diri secara sukarela menerapkan dan mengamalkan janji;
C. Titik tolak memasuki proses pendidikan sendiri guna mengembangkan visi, mental, moral, ranah spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisiknya, baik sebagai pribadi maupun anggota masyarakat lingkungannya.

kode kehormatan pramuka dalam bentuk ketentuan moral yang disebut darma adalah:
A. Alat proses pendidikan sendiri yang progresif untuk mengembangkan budi pekerti luhur.
B. Upaya memberi pengalaman praktis yang mendorong anggota gerakan pramuka menemukan, menghayati, mematuhi sistem nilai yang dimiliki masyarakat dimana ia hidup dan menjadi anggota.
C. Landasan gerak gerakan pramuka untuk mencapai tujuan pendidikan melalui kepramukaan yang kegiatannya mendorong pramuka manunggal dengan masyarakat, bersikap demokratis, saling menghormati, memiliki rasa kebersamaan dan gotong royong;
D. Kode etik organisasi dan satuan pramuka, dengan landasan ketentuan moral disusun dan ditetapkan bersama aturan yang mengatur hak dan kewajiban anggota, pembagian tanggungjawab dan penentuan putusan.

(4) kode kehormatan pramuka adalah budaya organisasi gerakan pramuka yang melandasi sikap, tingkah laku anggota gerakan pramuka dalam hidup dan kehidupan berorganisasi.

(5) kode kehormatan pramuka bagi anggota gerakan pramuka disesuaikan dengan golongan usia dan perkembangan rohani dan jasmaninya.

Kode kehormatan pramuka bagi anggota gerakan pramuka disesuaikan dengan golongan usia dan perkembangan rohani dan jasmaninya, yaitu:
A. Kode kehormatan bagi pramuka siaga terdiri atas:
1) janji yang disebut dwisatya selengkapnya berbunyi sebagai berikut:
Dwisatya pramuka siaga
Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:
- menjalankan kewajibanku terhadap tuhan, negara kesatuan republik indonesia dan mengikuti tatakrama keluarga.
- setiap hari berbuat kebajikan.
2) ketentuan moral yang disebut dwidarma selengkapnya berbunyi sebagai berikut:
Dwidarma pramuka siaga
1. Siaga berbakti kepada ayah bundanya.
2. Siaga berani dan tidak putus asa.


B. Kode kehormatan bagi pramuka penggalang terdiri atas:
1) janji yang disebut trisatya selengkapnya berbunyi sebagai berikut:
Trisatya pramuka penggalang
Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:
- menjalankan kewajibanku terhadap tuhan, negara kesatuan republik indonesia dan mengamalkan pancasila
- menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat
- menepati dasadarma.
2) ketentuan moral yang disebut dasadarma selengkapnya berbunyi sebagai berikut:
Dasadarma
Pramuka itu:
1. Taqwa kepada tuhan yang maha esa
2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
3. Patriot yang sopan dan kesatria
4. Patuh dan suka bermusyawarah
5. Rela menolong dan tabah
6. Rajin, terampil, dan gembira
7. Hemat, cermat, dan bersahaja
8. Disiplin, berani, dan setia
9. Bertanggungjawab dan dapat dipercaya
10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.


C. Kode kehormatan bagi pramuka penegak terdiri atas:
1) janji yang disebut trisatya selengkapnya berbunyi sebagai berikut:
Trisatya pramuka penegak
Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:
- menjalankan kewajibanku terhadap tuhan, negara kesatuan republik indonesia dan mengamalkan pancasila
- menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat
- menepati dasadarma.
2) ketentuan moral yang disebut dasadarma selengkapnya berbunyi sebagai berikut:
Dasadarma
Pramuka itu:
1. Taqwa kepada tuhan yang maha esa
2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
3. Patriot yang sopan dan kesatria
4. Patuh dan suka bermusyawarah
5. Rela menolong dan tabah
6. Rajin, terampil, dan gembira
7. Hemat, cermat, dan bersahaja
8. Disiplin, berani, dan setia
9. Bertanggungjawab dan dapat dipercaya
10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

D. Kode kehormatan bagi pramuka pandega terdiri atas:
1) janji yang disebut trisatya selengkapnya berbunyi sebagai berikut:
Trisatya pramuka pandega
Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:
- menjalankan kewajibanku terhadap tuhan, negara kesatuan republik indonesia dan mengamalkan pancasila
- menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat
- menepati dasa darma.
2) ketentuan moral yang disebut dasadarma selengkapnya berbunyi sebagai berikut:
Dasadarma
Pramuka itu:
1. Taqwa kepada tuhan yang maha esa
2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
3. Patriot yang sopan dan kesatria
4. Patuh dan suka bermusyawarah
5. Rela menolong dan tabah
6. Rajin, terampil, dan gembira
7. Hemat, cermat, dan bersahaja
8. Disiplin, berani, dan setia
9. Bertanggungjawab dan dapat dipercaya
10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

E. Kode kehormatan pramuka bagi anggota dewasa terdiri atas:
1) janji yang disebut trisatya selengkapnya berbunyi sebagai berikut:
Trisatya
Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:
- menjalankan kewajibanku terhadap tuhan, negara kesatuan republik indonesia dan mengamalkan pancasila
- menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat
- menepati dasadarma.
2) ketentuan moral yang disebut dasadarma selengkapnya berbunyi:
Dasadarma
Pramuka itu:
1. Taqwa kepada tuhan yang maha esa
2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
3. Patriot yang sopan dan kesatria
4. Patuh dan suka bermusyawarah
5. Rela menolong dan tabah
6. Rajin, terampil, dan gembira
7. Hemat, cermat, dan bersahaja
8. Disiplin, berani, dan setia
9. Bertanggungjawab dan dapat dipercaya
10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.
Landasan hukum gerakan pramuka
Pancasila sebagai landasan hukum negara.
Falafah pancasila sebagi dasar negara merupakan nilai dasar spiritual keagamaan, kemanusiaan, dan kesatuan bangsa yang menjadi landasan dasar dalam pembangunan bangsa baik pembangunan sumber daya manusia maupun pembangunan fisik.
Kepramukaan sebagai gerakan pendidikan pada jalur pendidikan non formal merupakan bagian tak terpisahkan dari system pendidikan dalam menyiapkan anak bangsa menjadi kader bangsa yang berkualitas baik moral, mental, spiritual, intlelektuan, emosional, maupun fisik dan ketrampilan.
Gerakan pramuka yang diresmikan berdirinya pada tanggal 14 agustus 1961 merupakan kesinambungan gerakan kepanduan nasional indonesia yang bertujuan menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi yang dapat menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa, bertanggungjawab serta mampu mengisi kemerdekaan indonesia.
Kepramukaan pada hakekatnya adalah suatu proses pendidikan yang menyenangkan bagi anak muda, dibawah tanggungjawab anggota dewasa, yang dilaksanakan di luar lingkungan pendidikan sekolah dan keluarga, dengan tujuan, prinsip dasar dan metode pendidikan tertentu.
Gerakan pramuka adalah suatu gerakan pendidikan untuk kaum muda, yang bersifat sukarela, nonpolitik, terbuka untuk semua, tanpa membedakan asal-usul, ras, suku dan agama, yang menyelenggarakan kepramukaan melalui suatu sistem nilai yang didasarkan pada satya dan darma pramuka.
Dasar penyelenggaraan gerakan pramuka sebagai landasan hukum diatur berdasarkan :
A. Keputusan presiden republik indonesia nomor 238 tahun 1961 tentang gerakan pramuka
B. Keputusan presiden republik indonesia nomor 118 tahun 1961 tentang penganugerahan pandji kepada gerakan pendidikan kepanduan pradja muda karana
C. Keputusan presiden republik indonesia nomor 24 tahun 2009 tentang anggaran dasar gerakan pramuka
Landasan hukum gerakan pramuka merupakan landasan gerak setiap aktifitas dalam menjalankan organisasi dan manajemen di gerakan pramuka


NB : Tyo_peter_3882@yahoo.co.id
Modul ini hanyalah ringkasan materi terdahulu, maka dari itu bila ada kesalahan dan kekurangan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya dan tolong diperbaharui sendiri-sendiri. Penerbit tidak bertanggung jawab atas isi dari karangan di atas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar